-->

Blog dan Tema yang Disukai



Tak bisa dipungkiri sejak maraknya internet dengan media sosialnya, aktivitas menulis online pun makin banyak diminati. Merangkak tapi pasti di era serba digital ini, dunia menulis online pun mulai bangkit bersama komunitas-komunitas onlinenya. Diawali dengan kebiasaan orang-orang zaman now di era digital yang selalu aktif bersosial media dengan merangkai kata dalam sebuah status. Baik dalam bentuk curhatan, iklan dagangan, bahkan terkadang bisa berupa hujatan, yang biasa mereka unggah di facebook, instagram, maupun twiternya.
Beruntungnya pemerintah segera sigap atas fenomena ini dengan memberi rambu-rambu dalam berkativitas di jagad maya, sehingga kalimat-kalimat negatif bernada nyinyir di dunia maya mulai bisa dikurangi. 

Sejak memasuki  dunia literasi dan ikut meramaikan jagad per-blogger-an di tanah air walau hanya sebagai pemula, bagi saya nge-blog benar-benar sebuah media yang mengasyikkan dan juga penuh tantangan. Bersama dengan bertumbuhnya para blogger pemula (macam saiyah nih) yang mulai menjamur akhir-akhir ini, kami berusaha bersinergi dengan para mastah blogger yang terus eksis dengan branding, event dan pemenangan lomba yang beliau ikuti. Tidak mudah memang ... tapi bukan kah perjalanan seribu langkah tetap di awali dengan satu langkah? Jika kita tidak memulai, kapan lagi?

Berpetualang seru dan mengasyikan dengan bercerita lewat rangkaian kata di jagad maya, dengan menulis blog bagi saya serasa menulis diary seperti masa sekolah dahulu. Akan tetapi dalam blog ini penulisannya lebih terstruktur karena niat awalnya memang untuk dipublikasikan, berbeda dengan diary yang untuk konsumsi pribadi saja, bahkan khawatir jika banyak orang tahu, hihihi.
Kita tinggal menulis apa saja yang kita lihat, kita rasakan dan kita nikmati, namun tetap harus memperhatikan struktur kalimat dan arah tulisan yang baik agar bisa dinikmati oleh pembacanya.

Dalam menulis blog, langkah awal yang harus kita lakukan adalah memastikan dulu tema apa yang akan kita angkat dalam tulisan saat posting blog nanti. Tentunya agar tulisan menjadi lebih terarah, semakin menarik hingga bisa meningkatkan nilai lebih pada tulisan di blog kita nanti.

Tema merupakan hal paling utama yang dilihat oleh pembaca dalam sebuah tulisan. Jika temanya menarik, tentu akan memberikan nilai lebih pada tulisan tersebut. Seandainya dibuat perumpamaan sebuah rumah, maka tema adalah fondasinya.
(Wikipedia)


Di dunia per-blogger-an seringkali tema blog bisa dijadikan karakter blognya sendiri, loh. Beberapa blogger keren sudah berani menentukan tema blog atau niche-nya sendiri, seperti Trinity dengan travell blogger-nya yang sudah difilmkan. Hal ini pastinya berkaitan dengan review job dari brand yang akan fokus pada niche blog spsesifik saat meminang blogger untuk mereview produknya. 

Begitulah di era internet ini, banyak kebiasaan mulai beralih termasuk aktivitas dalam memasarkan produk dan juga jasa layanannya. Dikarenakan tuntutan zaman karena aktivitas masyarakat yang sudah beralih ke era digital, otomatis klien juga akan memasarkan produknya melalui online juga, bukan? Sehingga marketing produknya juga harus online dong. Nah ... disinilah ladang para blogger keren mendulang rupiah, bisa melalui review produk, content placement, sponsored post, event blogger dan berbagai kerja sama lain dengan brand. Keren ya ... semoga saya segera tertular virus baik ini, hihihi. Aamiin

Dikarenakan berstatus pemula, otomatis saya belum bisa menentukan target pembaca maupun pembaca loyal blog saya, yaitu “Coretan Mak Kinan” yang masih imut ini. Yang harus kami lakukan sebagai pemula ini hanya perlu aktif dengan berinovasi dan terus konsisten berproduktif dalam karya saja. Nahh agar bisa terus berproduktif nih, otomatis tulisan yang saya unggah lebih banyak hal-hal yang saya sukai dan kuasai. Oleh karena itu tema di blog “Coretan Mak Kinan”  tidak terpaku pada tema tertentu saja, tapi mengusung tema campuran atau berniche Lifetyle. Sobat berkeinginan baca tentang parenting ada, tentang kuliner ada, tentang travelling juga ada, bahkan tema tentang review-reivew produk pun ada. Sobat Blogger tinggal pilih suka membaca yang mana, hehehe.

Walaupun terdapat beberapa macam tema blog, tapi ada tiga jenis tema blog yang selalu membuat saya bersemangat menulisnya loh, antara lain:

1. Tema Travelling


Adalah tema blog yang pertama saya unggah di “Coretan Mak Kinan”.  Awal menyukai tema travelling ini karena sering baca-baca ulasan travelling para senior yang asyik dan seru, hingga saya tenggelam dalam ceritanya dan berasa ikut menikmati perjalanannya. Jadi walaupun hanya di sini-sini saja, serasa saya sudah kemana-mana dan mengenal tempat wisata tersebut. Asyik, ya!
Serunya bercerita tentang travelling ini bagi saya bisa berbagi kenangan dengan meninggalkan jejak sambil berkisah asyik ala travell blogger beneran, uniknya kisah ini akan tetap tersimpan cantik di blog kita. Tentunya lengkap dengan keseruannya lah ya.

Saat travelling tentunya kita bisa bercerita asyik tentang keindahan panorama serta kelebihan lain dari obyek wisata tersebut, seperti kebiasaan masyarakatnya, suvenir-suvenir khasnya, juga kuliner yang ada di area wisata tersebut.

2. Tema Parenting


Karena saya emak-emak, pastinya tulisan tidak pernah lepas dari namanya pola pengasuhan lah ya. Hanya saja saya lebih tertarik dengan komunikasi pada pola asuh. Mungkin karena aktivitas saya di dunia nyata sebagai marketing dan saya sangat peduli denga cara penyampaian seseorang, sehingga pesan yang kita inginkan bisa diterima dengan baik oleh orang lain. Maka saya yakin keluarga yang solid pasti berawal dari komunikasi yang baik.

Bagi saya komunikasi dalam keluarga memang terlihat biasa saja, namun cara berkomunikasi dan penyampaian yang baik dan benar, tentunya dengan memperhatikan faktor-faktor lain yang ada di dalamnya, pasti akan membentuk fondasi yang yang kuat dalam hubungan sebuah keluarga. Jadi nanti tidak ada kalimat, “Sejak Dia menikah dengan Si Ini, sikapnya pada keluarga jadi berubah...” 
#ehh koq malah curhat.

3. Tema Review


Menyukai tema review atau ulasan, awalnya karena tertarik dengen lomba-lomba blog yang diadakan beberapa brand dan mungkin karena naluri marketing di dunia nyata yang membuat saya bersemangat menulis tentang ulasan-ulasan ini baik produk maupun jasa layanannya.

Kita jadi belajar membantu memasarkan produk atau jasa layanan orang lain hingga bisa dinikmati khalayak. Di ulasan kita bisa membahas tentang profil produk tersebut, cara pengemasan, juga uniq selling point yang lain. Biasanya sebagai pembeda para blogger memberikan tips tentang ulasan produk tersebut ala-ala blogger masing.

Nahh Sobat di atas adalah tiga tema blog yang membuat saya suka hingga bersemangat untuk menulisnya. Tapi buat Sobat yang masih pemula macam saiyah nih saran saya, coba perhatikan tips berikut dalam memilih tema blog, ya!
1. Tidak Membatasi pada Tema Tertentu
Jika tidak ada latar-belakang menulis, ada baiknya memakai tema lifestyle blog saja. Karena jika membatasi dalam memilih tema. Khawatir tidak produktif menulis, hanya karena tidak sesuai dengan tema yang akan dituliskan.
2. Menulis dengan Tema yang Dikuasai
Usahakan menulis dengan tema yang dikuasai saja. Karena jika kita menulis dengan tema yang tidak dikuasai khawatir tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dan membuat pembaca jadi kecewa. Misal, mau mengangkat tema teknologi digital. Nah jika Sobat tidak mempunyai background di bidang teknologi macam saiyah ini, pasti berat tuh mau menulisnya. Yang ada mungkin tulisan ndak selesai, mandeg di ide.
3. Jangan lupa Riset
Agar tidak di vonis sebagai plagiat, ada baiknya kita melakukan riset. Foto-foto pun usahakan milik kita pribadi, karena akan memberikan nilai tambah pada tulisan kita nanti.

Oke Sobat Blogger, inilah sekelumit kisah tentang tema blog yang saya suka dan membuat saya bersemangat menulisnya.  Kalau Sobat Blogger, suka menulis tema blog tentang apa nih? Sharing, Yuk!

 -Kinan-

32 Responses to "Blog dan Tema yang Disukai"

  1. Saya suka life style mbak, kalau kata orang gado gado hehehhe

    ReplyDelete
  2. Blog saya pakai tema personal lifestyle deh. Mana yang saya pikirkan, kerjakan, dan rasakan, langsung dihempaskan ke blog. Buat jejak aja sebagai pengingat diri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbakkuh, lebih mudah berekspresi ya mbak.
      Daripada nanti mandeg ndak nulis-nulis, hihihi.

      Delete
  3. Enaknya jadi blogger itu bertumbuh terus mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, apalagi kalo teman di sebelah juga tumbuh ya. Kita jadi makin terpacu.

      Delete
  4. Aku perhatikan tema traveling hampir selalu masuk di tema pilihan. Hihi... Memang asyik ya bicarakan tentang wisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak Dwi Arum, sekalian meninggalkan jejak cantik tentang keseruannya buat anak cucu kita nanti.#ehh jauh banget ya ngomongnya.

      Delete
  5. Wah setuju mb, lebih baik nulis tema yang dikuasai ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, daripada nulis ndak kelar-kelar nunggu mbak inspirasi datang, hehehe.

      Delete
  6. Nah itu dia mbak harusnya yg pemula sperti saya tidak membatasi pada tema tertentu.. makasih banyak sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Meilawati.
      Salam kenal ya mbak. Senang jika tulisan ini bisa bermanfaat.

      Delete
  7. Saya juga suka banget nulis tema travelling. Bikin bersemangat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat bikin jejak bt yang tercintah ya mbak.😘
      Toss kita mbakkuh.

      Delete
  8. Wah toss kita..saya juga ketiga tema itu, tapi yang ketiga liputan..sama enggak itu yahihihi.
    Yang penting ngalir dulu semangatnya ya Mbak..nanti kalau dibatasi temanya enggak nulis-nulis kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serupa tp tak sama Mb Dian. 😁
      Kalo liputan Mb Dian diundang. Kalo saya mah datang sendiri tanpa diundang, hihihi.
      Makasih sdh mampir Mb Dian. 😘

      Delete
  9. Mbak.. blognya keren. aku suka deh. Udah berapa lama nge blog nih mbak? Kalau aku masih baru, nulisnya masih gado-gado dan belum konsisten. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru awal agustus Mbak Dhika.
      Semoga bermanfaat ya mbak.
      Makasih sdh mampir mbakkuh.😘

      Delete
  10. Kalau saya paling suka dan klik tuh nulis tema parenting mbak. Tapi ya gitu... Blog satunya mengharuskan saya nulis tentang lifestyle. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena tuntutan ya Mb Eni, jd blm bs total nulis parenting.
      Semangat Mb Eni.
      Tinggal bikin rumah parenting atu lg berarti. 😗

      Delete
  11. Kayak saya msh campur-campur alias lifestyle...Jlni aja mwngalir ya mbaa..
    Sukses y ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-an kita mbak, lifestyle blog lebih bisa berekspresi buat saya yang pemula ini.
      Sukses juga buat Mbak NYK MLG.

      Delete
  12. Hehe blog aku juga sebenernya gado-gado tapi lama-lama mengarah pada happy family dan kesehatan. Keren nih mak Kinan udah banyak blog yang dipegang, aku satu blog sudah keteteran 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, bukan banyak yang dipegang sih sebenarnya mbak. Khawatir mbak inspirasi nggak datang-datang, jadilah beberapa tema yang ditulis mbakkuh.
      Btw salam kenal ya Mbak Lia Lathifa.

      Delete
  13. aku suka yang keluarga , traveling dan puisi dan fiksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh, suka nulis fiksi ya mbak.
      Semangat mbakkuh, yang penting nulis and publish, biar cepat naik kelas kata para suhu.

      Delete
  14. Saya suka lifestyle, Mbak. Temanya ada yg sama nih kita yaitu Traveling dan parenting. Dua ini kayaknya selalu dipilih emak2, ya. Selain itu, saya juga suka tema tentang buku.
    Mungkin nih,ke depan saya juga mau ah rajin mereview warung. Selama ini males motret makanan, hehe. Harus berubah, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mbak, kita. Emak-emak pasti nggak lepas dari parenting juga travelling dengan keluarga, ya mbak?
      Btw kalau review warung dengan poto-poto, hati-hati dikira sok gaul kita mbak, hihii.

      Delete
  15. Setujuuuu, tulislah tema yang dikuasai. Biar tulisannya jadi dalem dan bisa bernyawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betull Mbak Anggraeni, biar penonton nggak kecewa ya mbakkuh, hehehe.

      Delete
  16. traveling dan food, dua itu yang paling saya suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tema travelling selalu ada di mana-mana ya mbak? Terutama travelling bareng keluarga. Musti dibikin jejak buat si kecil dewasa nanti, pasti seruu.

      Delete

tambahkan teks diatas kolom komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel