-->

Membuat Blog Bagi Pemula

Hai, Sobat Bloger!

I'am in here, now ...  
Wouw akhirnya bisa punya blog sendiri prends. Sesuatu banget buat saya. 😍
Bermula dari mimpi ingin menjadi perempuan berdaya, walau tanpa keluar rumah. Bisa fokus pada keluarga dan mendampingi putra semata wayang saya yang sudah beranjak remaja.
Maka mulailah saya mencoba hobi yang sudah sekian lama terkubur entah ke lapisan berapa ini, hehehe
Menulis ... Yess, saya memasuki dunia literasi saat ini.

Berbeda dengan aktivitas di dunia nyata, yang nyaris lima belas tahun ini saya geluti. Aktivitas saya di dunia literasi, lebih banyak melalui media dunia maya saja. 
Sejak masuk di Sekolah Perempuan pada bulan Februari tahun 2018 dalam asuhan mentor-mentor kece badai dengan founder Teh Indari Mastuti secara online. Akhirnya saya terdampar juga di training-training cantik Joeragan Artikel yang diprakarsai Ummi Alleya. 
Dan ... menceburlah saya ke dalam dunia literasi ini.

Sebagai penulis pemula, otomatis saya perlu meningkatkan porto folio, dong. Olehkarena itu banyak training-training cantik baik asuhan Tim Joeragan Artikel maupun Indiscript Creative yang mulai saya ikuti, seperti antologi buku, risensi buku, cara membuat artikel juga training reposrtase. Namun hingga bulan Juni '18 berakhir, belum ada kelas untuk membuat blogger bagi pemula yang ditawarkan. Padahal jika dibuka, peminatnya tentu saja bakal banyak. 
Karena menurut saya nih, diary seorang penulis dan peningkatan skill penulis, harusnya yaa melalui media blog ini.

Sempat membeli buku tentang panduan membuat blog, tapi susah juga ternyata mempraktekkannya jika tanpa pembimbing. Hingga seorang teman konsultan di Indiscript Creative bercerita jika Tim Joeragan Artikel akan meluncurkan training terbarunya, "Training Blogger For Biginner" di akhir bulan Juli '18. 
Wouww, tanpa berpikir panjang saya pun langsung mendaftar, tapi membayarnya tetap menunggu gajian bulan berikutnya hehehe (maklum emak-emak, cashflow keuangannya banyak).




Diasuh oleh dua mentor kece badai dalam dunia pebloggeran, yaitu Mbak Dira Indira dan Uni Rahayu Asda, kelas pun dimulai pada tanggal 30 Juli '18 sampai tujuh hari ke depan.


Kedua mentor kece di atas, bertugas membantu peserta jika terdapat kesulitan dalam pemahaman materi training. Dan untuk lebih fokus, kami pun dibagi menjadi dua grup kecil lagi melalui media whatapps dengan penanggung jawab grup kecil adalah salah satu dari kedua mentor cantik di atas. 

Sistem pembelajaran training ini, menggunakan modul-modul dalam penyampaian materinya. Luar biasanya, modul-modulnya mudah dicerna hingga bisa langsung dipraktekan.
Modul pertama di hari pertama pembelajaran, membahas tentang pengenalan blog dan platformnya, manfaat dan fungsi blog, hingga membuat blog dari nol bagi pemula.

Pada sub bab Pengenalan Blog dan Platformnya, kami jadi tahu apa itu blog juga jenis-jenis blog selain blogspot itu sendiri. Kami pun jadi tahu ternyata ada dua jenis platform blog, yaitu yang berbayar dan gratis. Dan sebagai pemula, kami disarankan untuk memilih platform yang gratis saja. Karena meskipun gratis, platform ini tetap bisa mengoptimalkan ide dan kreativitas pemilik blog.
Platform gratis yang umum digunakan adalah blogger dan wordpress.

Sedangkan pada sub bab Manfaat dan Fungsi blog, lebih ditekankan pada tujuan awal peserta mengikuti training ini, baik dari segi manfaat maupun dari fungsinya. Hingga peserta menjadi paham peluang blog yang bisa dilirik oleh sponsornya.

Sub bab terakhir pada Modul I, yaitu Tutorial Membuat Blog untuk Pemula dengan Templete Blogspot. Atau lebih tepatnya cara membuat blog dari nol ... Hehehe, ini sih saiya bingit 😍😍
Berisi instruksi-instruksi yang terperinci, dan menariknya disetiap langkah selalu disertai dengan gambar-gambar pendukung, hingga peserta dapat dengan mudah memahami isi tutorialnya.
Akhirnya, taraa ... blog baru saya pun terlahir, hihihi

Serasa lengkap untuk memulai dunia literasi dengan mempunyai blog pribadi. Ajang kami, para penulis menumpahkan ide dan kreativitas kami. Saya bersyukur bisa ikut dalam pelatihan online ini. Kelas pun terus berjalan hingga enam hari ke depan. Bocorannya, kami akan diajari bagaimana teknik mempercantik tampilan blog. Mantapp ...👍

Jadi tak sabar untuk mengikuti materi selanjutnya. 😏



-Kinan-








1 Response to "Membuat Blog Bagi Pemula"

tambahkan teks diatas kolom komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel